Selamat Sore KH,
Sekilas tentang PGM-FI sudah dijelaskan di blog
Serba Serbi PGM-FI.
Mari kita pelajari lebih dalam lagi komponen-komponen PGM-FI:
ECM - Engine Control Module
Layaknya otak manusia, ECM mengotrol kinerja sistem dengan mengolah informasi yang diterima dari sensor-sensor PGM-FI. ECM kemudian mengatur waktu pengapian, waktu penyemprotan di injektor, dan jumlah bahan bakar yang disemprotkan.
Kalau manusia, TB itu bagaikan paru-paru manusia yang berfungsi untuk mengatur jumlah udara masuk sewaktu pengendara mengoperasikan throttle valve yang terhubung dengan throttle grip.
Injector bekerja sesuai sinyal dari ECM untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam intake manifold.
Fungsinya yah untuk memompa dan mengalirkan bahan bakar dari tangki ke injector.
Sensor-sensor sistem PGM-FI berfungsi mendeteksi bermacam-macam kondisi pada kendaraan dan mengubah itu menjadi signal-signal elektrik yang diterima ECM, untuk kemudia dapat mengatur sistem pembakaran & suplai bahan bakar optimum sehingga mendapatkan performa motor yang baik.
- EOT - Engine Oil Temperature Sensor
- ECT - Engine Coolant Temperature Sensor
- IAT - Intake Air Temperature Sensor
- TP - Throttle Position Sensor
- MAP - Manifold Absolute Pressure Sensor
- CKP - Ignition Pulse Generator Sensor
- O2 Sensor
- Bank Angle Sensor
(Setiap sepeda motor mempunyai sensor berbeda-beda)
Sekilas tentang PGM-FI Honda... Sisanya dilanjutkan pada blog berikutnya :)
Salam Satu Hati,
AHASS 00100
CAHAYA BARU MOTOR
No comments:
Post a Comment