Tuesday, May 28, 2013

Serba Serbi PGM-FI 2

Selamat  Sore KH,

Sekilas tentang PGM-FI sudah dijelaskan di blog Serba Serbi PGM-FI 

Mari kita pelajari lebih dalam lagi komponen-komponen PGM-FI: 



  • ECM - Engine Control Module

Layaknya otak manusia, ECM mengotrol kinerja sistem dengan mengolah informasi yang diterima dari sensor-sensor PGM-FI. ECM kemudian mengatur waktu pengapian, waktu penyemprotan di injektor, dan jumlah bahan bakar yang disemprotkan. 

  • Throttle Body 

Kalau manusia, TB itu bagaikan paru-paru manusia yang berfungsi untuk mengatur jumlah udara masuk sewaktu pengendara mengoperasikan throttle valve yang terhubung dengan throttle grip.   
  • Fuel Injector 

Injector bekerja sesuai sinyal dari ECM untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam intake manifold. 
  • Pompa Bahan Bakar

Fungsinya yah untuk memompa dan mengalirkan bahan bakar dari tangki ke injector. 
  • Sensor-Sensor PGM-FI 

Sensor-sensor sistem PGM-FI berfungsi mendeteksi bermacam-macam kondisi pada kendaraan dan mengubah itu menjadi signal-signal elektrik yang diterima ECM, untuk kemudia dapat mengatur sistem pembakaran & suplai bahan bakar optimum sehingga mendapatkan performa motor yang baik.
    • EOT - Engine Oil Temperature Sensor  
    • ECT - Engine Coolant Temperature Sensor
    • IAT - Intake Air Temperature Sensor 
    • TP - Throttle Position Sensor 
    • MAP - Manifold Absolute Pressure Sensor
    • CKP - Ignition Pulse Generator Sensor 
    • O2 Sensor  
    • Bank Angle Sensor 
(Setiap sepeda motor mempunyai sensor berbeda-beda)

 
Sekilas tentang PGM-FI Honda... Sisanya dilanjutkan pada blog berikutnya :)



Salam Satu Hati


AHASS 00100 
CAHAYA BARU MOTOR 

No comments:

Post a Comment